Thursday, February 3, 2011

MENJAHIT

Sejak kecil aku pengin bisa menjahit. Dulu di rumah ada 2 mesin jahit. 1 punya budeku almarhum, 1 lagi punya orangtuaku. Dulu ayah-ibuku memang bisa menjahit dan aku suka banget lihat orang menjahit. Satu tangan sibuk memutar-mutar roda di atas, dua kaki sibuk mengayun-ayunkan pedal. Dulu aku suka sekali duduk di atas pedal yang waktu aku masih kecil masih cukup untuk kududuki. Duduk berayun-ayun serasa naik ayunan. Seneng.....^_^

Ayah-ibuku memang tidak terlalu pintar menjahit, cuma sekedar hobi saja. Aku ingat aku pernah dibikinin rok seragam SD oleh ibuku, juga dasi warna merah tapi tentu saja tanpa cap burung Garuda seperti yang dijual di koperasi sekolah, jadinya aku cuma mau memakainya sekali coz beda dengan kepunyaan teman2ku. Aku dulu juga sering dibuatin ikat rambut n sapu tangan sendiri. Dulu ke mana2 masih lazim bawa sapu tangan, tissue penggunaannya belum seperti sekarang, belum ada tissue pocket yang praktis dibawa ke mana2. Jadi ingat waktu masih TK, saputangan selalu dipenitiin oleh ibuku di bajuku biar ga jatuh. Buat lap keringat n ingus biar ga kulapkan ke bajuku. Xixixixixi jorok..... Tapi setelah SD, saputangan sudah tidak lagi dipeniti di baju. Udah malu. Sapu tangan ama ibu diseterika, dilipat empat n ditaruh di saku bajuku. Untung bajunya ada sakunya ya....

Selain menjahit, ayah-ibuku juga bisa menyulam, merajut dan membuat kristik, budeku juga mahir dalam hal ini. Aku pun pengin bisa seperti mereka. Beberapa kali aku minta diajarin, tapi mereka sepertinya tidak punya waktu luang untuk mengajariku. Saking penginnya bisa, aku suka belajar otodidak sendiri yang akhirnya cuma membuat pusing orangtuaku. Benang2 rajut dan jarum berantakan di mana2, jarum jahit patah klo ga mesin jahit kukacaukan dengan benang jahit yang ruwet ga karuan mpe mesin ga bisa jalan. Hehehe.... memang benar aku tidak berbakat.

Akhirnya aku berkesempatan belajar menjahit waktu di SMP ternyata ada ekskul menjahit. Belajar dasar2 menjahit dari mengenal aneka tusuk mpe bikin pola baju. Tusuk yang paling kukuasai tusuk silang coz sejak kecil aku suka bantuin bikin kristik. Hehehe jadi ingat aku masih punya pe-er kistik gedhe bergambar pemandangan, warisan budeku almarhum yang belum selesai, akhirnya kulanjutkan n mpe sekarang biarpun ikut kubawa ke Bandung tetep belum selesai juga, mpe kertas polanya hancur ga bisa dibaca lagi. Memang ga niat......xixixixi

Ternyata menjahit itu memang bener2 susah. Membuat pola aja aku sudah kesulitan. Bikin 1 pola aja butuh waktu yang rada lama. Waktu itu diminta bikin pola rok. Nilai polaku lumayan tinggi tapi pas udah saatnya merealisasikan. Huwaaaaa..... aku memang tidak becus menjahit.
Menjaga agar laju mesin jahit tetap stabil aja aku tidak bisa. Maju-mundur, maju-mundur dan terus aja begitu mpe benang jahit putus. Untung cuma bikin rok kecil seukuran boneka. Coz menyerah, akhirnya kujahit tangan aja dan jadi deh rok merahnya biarpun akhirnya dapat nilainya kecil. Hehehe...

Berulang lagi di Bandung, coz niatnya pengin irit n malas pergi ke tukang jahit, akhirnya gordyn jendela kamarku kubikin sendiri dengan jahit tangan. Tak lupa kukasih renda putih buat mempermanis. N hasil jerih-payahku yang baru bisa kelar setelah berminggu-minggu, cukup cantik juga kok. Temanku banyak yang ga menyangka klo itu hasil jahitan tangan. N cukup kuat juga kok, buktinya mpe sekarang masih bagus (*Padahal coz gada modal buat ganti gordyn*).

Tahun 2004 aku pengin banget punya mesin jahit elektrik sendiri. Klo lg jalan2, lihat pernik2 accecories kamar or rumah tangga yang harganya mahal (ukuran kantongku) padahal klo diperhatiin keknya bikinnya sebenarnya gampang coz modelnya memang simple banget tapi tetep tampak elegant, membut aku jadi pengin bisa menjahit sendiri. Mesin jahit elektrik berpola yang penggunaannya gampang. Pola2 sudah tersedia tinggal kita mengaplikasikan. Di sini yang main Cuma tangan doank jadi ga perlu khawatir konsentrasi terpecah antara gerak tangan dan kaki kek mesin jahit manual.

Masih di tahun 2004 juga waktu lagi jalan2 ma temanku di Carefour Mollis, aku sempet lihat mesin jahit ini. Mesin jahit portable, warnanya putih kecil. Aku sempet tanya macem2 waktu itu. Harga waktu itu masih di bawah 2 juta. Tiap beli kita akan dapat kursus jahit gratis, dia datang ke rumah, n kita akan diajarin mpe bisa.
Tapi waktu itu kepengin cuma sekedar kepengin coz keadaan keuanganku memang ga memungkinkan. Waktu terus berlalu mpe akhirnya mesin jahit ini ga lagi jadi prioritas meskipun keinginan untuk memiliki mesin jahit masih tetap ada.

Beberapa bulan kemarin, si Etil menyatakan keinginannya untuk memiliki mesin jahit portable seperti yang aku pengin. Dia sudah survey ke beberapa tempat n sudah menemukan distributor mesin jahit dengan harga yang relatif lebih murah dibanding toko yang lain. Yeaaah.... Etil tinggal merealisasikan impiannya coz budget untuk itu memang sudah ada.
Kudukung 100 % Etil....
Yesss.... besok bisa minjem mesin jahit or sukur2 bisa minta tolong dijahitin....
Kan bisa sekalian buat Etil belajar..... hehehehe.....
Yah, mudah2an dengan adanya mesin jahit sendiri jadi bisa lebih irit.
Bisa bikin sendiri gordyn, sarung bantal, sarung guling, sprei, taplak n pernik2 lain yang simple tapi tetep manis.
Hmmmm..... bakal bisa mendandani kamar or rumah seperti yang kumau........ ^_^
Semoga ga jadi semangat di awal n macet di akhir seperti yang sudah-sudah....
Ya.....
Semogaaaa................

2 comments:

vimax asli said...

https://obatpenirumasli.com/

titan gel said...

good job i like it