Thursday, February 3, 2011

FIRST DESTINATION..... GOA SUNYARAGI..... CIREBON



Destination wisata di Cirebon memang ga sebanyak di Yogya, jadinya kita ga punya banyak pilihan. Tadinya kepikir pengin ke Plangon. Hutan wisata habitat monyet2 yang dibiarkan berkeliaran bebas. Mengingat waktu yg amat terbatas n wajah2 yg pada tidak antusias dgn usulan ke mengunjungi saudara tua, akhirnya plan ke Plangon dianulir dan larilah kita ke goa Sunyaragi.

Sebenarnya goa ini ga terlalu jauh dari Jl. Tuparev, tapi kita sempat 1x bertanya coz ternyata tanpa sadar goa ini sudah terlewati coz tidak ada penunjuk jalan yang jelas.

Tampak sepi. Dengan membayar per-kepala Rp.3.000,- akhirnya kita memasuki lokasi.
Memang bener2 sepi jadi berasa kayak goa pribadi. Cantik. Dan kita betah berlama-lama di sana. Bakat narsis kita tersalurkan sudah.



Senengnya.... Biarpun jarang dijamah, tapi lingkungannya tampak ijo n bersih.
Merupakan tempat pemandian kraton Kasepuhan seperti Taman Air Taman Sari, tempat pemandian putri kraton Yogya.



Tempatnya tidak terlalu luas tapi cukup menyenangkan. Ada beberapa goa yang mendorong rasa ingin tahu kita untuk melongok. Ada semacam amphiteater yang katanya buat tempat pertunjukan tari bagi keluarga keraton.
Ada mitos yang berkembang katanya ada satu goa yang ga boleh dimasuki, goa Peteng. Di depannya ada patung yang bentuknya kek alat kelamin pria... xixi. N ini katanya jangan2 sekali2 memegangnya coz yang memegangnya bakal jadi perawan atau perjaka tua.... Hiiii.....Serem juga yaaa....
N kebeneran kita biarpun berulang kali mencoba mencari jalan buat nyampe ke depan goa itu tapi ga juga menemukannya, akhirnya amanlah kita dari pelanggaran terhadap mitos itu.


Goa peteng dan patung di depannya yang dimitoskan.... xixi

Di komplek paling tengah ada semacam gubuk di puncak goa. Kata Tiut itu makam, tapi pas belakangan aku tanya ke guide kraton, katanya tidak ada makam di situ, itu merupakan tempat upacara pemujaan.
Ada beberapa goa yang ditutup kayu, katanya tidak boleh dimasuki. Mungkin demi keamanan coz kondisinya sudah rapuh.


Di dalam gubuk ini ada sebuah makam.

Usai puas bernarsis ria, kita putuskan lanjutkan perjalanan kita dengan sebelumnya icip2 Sambel Asem, makanan khas Cirebon yang rasanya enak n ngangenin. Dijual @Rp.3.000,-. Seperti pecel yang dimakan dengan kerupuk melarat. Sambalnya sambal pecel yang dibikin asam. Enaaak booo...
Kita semua makan dengan lahap mpe si Tiut yang super kurus habis 2 porsi ndiri.
Hebaaaaat......
Konjet pun pengin nambah lagi dan lagi.... hehehehe.....


Asam manis.... Hmmmmm......

No comments: