Thursday, January 29, 2009

SEHARI DI GAZEBO BANDUNG

Tuesday, January 27, 2009

Hari minggu pagi, 25 Januari 2009, di luar rencana sama sekali, akhirnya aku and teman2ku jalan2 ke Gazebo. Kebetulan sohibku dari zaman SMA yg sekarang kerja di Jakarta, ‘Riz’, akhirnya setelah bertahun-tahun (habisnya saking lamanya) ga ketemu, dia nyampe juga ke Bandung. Mpe Sta Bdg jam 10 malem, disambut guyuran air hujan.
Riz ini termasuk salah satu sohibku yg betah menemaniku jalan2, coz banyakan pada ngeluh ga kuat kecapean. Moga2 kamu back to Jkt ga jd sakit ya coz kuajak jalan2 terus mana pake acara kehujanan segala.
Riz ini teman sebangkuku semasa SMA kls III. Kita selalu rajin, duduk di bangku paling depan terus. Tiap ulangan senenan Bhs. Inggris, selalu pembagian tugas, biar ngerjainnya cepat and ga banyak ngebuang waktu, so lembar jawab bisa keisi semua. Aku yang ga terlalu suka reading dengan bacaan yang formal banget, lebih milih ngerjain tenses, vocab and grammar. Riz kebagian reading. So…. Boleh dibilang kita ga saling contek kan, tapi menyalin. He he.
Dah bertahun-tahun stay di Jkt, pastinya dah bosen banget ma yg namanya mall. Jalan2 ke mall klo lg ga punya duit bukannya bikin fresh malah jadi stress coz banyak keinginan terpendam ga kesampean. Akhirnya kita putusin hangin out ke tempat yang murah meriah and jalan2 lihat pemandangan alam.

Dari dulu tiap bikin planning mo pergi rame2 ke mana, susah banget realisasinya. Tiap bikin rencana dadakan, malah kesampaian. Mendadak pagi2 bangun tidur, di luar rencana sama sekali, kita akhirnya mutusin jalan2 ke Gazebo. Rencana awal kita mo jalan2 cari sarapan ke Kompleks perumahan Batununggal. Di sana tiap minggu pagi rame banget dengan orang2 yang berolahraga pagi, jalan2 sekeluarga dan banyak banget orang jualan sarapan. Kita tadinya mau cari sarapan ke sana terus jalan2 ke daerah Bandung Selatan yang masih banyak sawah dan empang. Pemandangannya bagus banget. Hamparan empang berlatar pegunungan. Akhirnya urung, kita putusin kita mau ke Gazebo.

Mpe Gazebo pk.9.00 pagi. Kita jalan2 muter2. So crowded. Begitu banyak orang yang berbelanja, begitu banyak pedagang menjajakan dagangan serba murah-meriah. Mau cari apa, semua ada. Makanan…..banyak banged pilihan mulai dari nasi timbel, nasi rames, nasi tutug oncom, nasi uduk, nasi gudeg, nasi soto, batagor,mpe Supa2 jg ada. Klo laper ga usah bingung, ada yg murah meriah ada juga yang dah punya nama dgn harga lebih mahal. Mau cari bantal, sprei, kasur, furniture, semua ada. Peralatan dapur, pakaian mpe pecah-belah juga ada. Pokoknya komplit plit. Bahkan ada juga yang jual kucing, anjing, ular. Ada tukang ramal, ada yg menawarkan nimbang badan dan ukur tensi. Aneka permainan anak, main di tempat juga ada. Gazebo sekarang lebih rame dibandingkan aku ke sana sebelum2nya, aku terakhir ke sana awal November.

Sepanjang jalan di depan Gedung Sate semakin banyak orang berjualan, dulu di sekitar situ cuma untuk area parkir. Sekarang di sepanjang jalan itu, di kanan-kiri jalan, melulu pedagang menjajakan aneka barang. Stand2 makanan yang boleh dibilang lumayan bersih, dengan papan nama, ga segan2 memampang price list biar pembeli bisa menimbang-nimbang. Ada kulihat ‘Batagor Queen’, batagor kesukaanku setahun belakangan ini. Kebetulan kita parkir di samping stand batagor ini. He he….. Jadi pengin beli batagor.
Batagor ini di hari minggu biasa mangkal di Gazibu di sepanjang jalan depan Gedung Sate, hari2 biasa mangkal di Lapangan Tegalega dari pk.06.00 mpe 10.00 pagi. Lapisan basonya tebal banget. Tiap kali ke Gazibu atau Tegalega, tadinya niatnya mau nyoba makanan lain, akhirnya teuteup, batagor ‘Queen’, coz tiap makan ke sana ngajak teman yang berbeda, dan selalu kupromosiin batagor ini. Dan semuanya berkomentar ‘enak….!’ Secara rata2 teman2ku doyan makan semua.

Kita muter2 doank mpe kaki pegel and kepanasan coz Bandung sekarang lg panas2nya. Sambil lewat sesekali berhenti jika ada yg menarik buat kita dan akhirnya, pulang kita menenteng lumayan banyak kantong hasil kita hunting hari itu. Celana pendek 15ribu dpt 2, lumayan klo bisa milihnya dpt bahan yg lumayan bgs. Buah benteng, buah kecil2 yang rasanya asam. Salah satu buah kesukaanku, di Yogya disebut langsep. Cemilan2 dijual 5 ribu dapat 3. Dan yang terakhir ada yg jual lem super kuat. Ngerasa butuh akhirnya beli juga. Si Aak mendemokan sandal jepit berbahan karet dipotong, terus di lem pake lem ajaib itu, dan benar saja ditarik2 dua orang juga ga putus. Aku ma Riz juga ikutan nyobain. Dan memang…. Cukup kuat, tidak putus, lem sudah kuat menempel dalam hitungan detik. Dibandrol @10ribu, katanya impor dari Amerika. Ditawar, akhirnya dapat 15 ribu 2, buat aku ma temanku. He he… dasar ga kuat godaan……
Ga ketinggalan, kantong bali, sekarang lg trend. Akhirnya Riz beli jg. Lumayan bisa muat banyak. Murah meriah tapi cukup kuat and simple buat jalan2.

Sebelum pulang kita mutusin makan dulu di sana. Makan apa ya?
Akhirnya…. selalu dan selalu…. ‘Batagor Queen’. Riz belum pernah coba. Dah jam 11, semoga masih ada. Biasanya laris manis, tiap kali makan di sana, pasti kebagian porsi terakhir. Pembeli setelah kita, sudah ga kebagian. Begitupun hari itu. Tinggal untuk kita berempat saja dan 2 orang bapak dan ibu yang datang beriringan dengan kita. Untung yah….., kita masih kebagian.
Pesan 3 porsi. 2 porsi batagor 1 dan siomay 1, 1 porsi lagi batagor 2 dan siomay 1 buat berdua. Batagor ini ukurannya besar, dulu pesan 2 biji pasti kekenyangan, so suka pesan 3 biji buat berdua, belakangan 2 biji buat sendiri juga habis. Lama2 perut bisa menyesuaikan, semakin elastis….. he he.

Seperti biasa, makan di keramaian pastinya akan ada banyak pengamen. Yah… ternyata pengamen2 datang hilir mudik, kita bergantian ngasih receh mpe receh kita habis. ‘Besok lagi harus siapin banyak receh.’
Satu pengamen berlalu, eh datang lagi pengamen berikut.
‘Baru sebentar, eh….. dah datang lagi,’ celetuk kami.
Dan yang membuat kami tertawa….. pengamen yang datang kemudian, seorang cowok belia, dia menyanyikan sebuah lagu, ga tau judulnya apa, tapi lyric pertamanya…. ‘Baru sebentar….’ Bikin kami ketawa, kok bisa sama dgn yg barusan diomongin ya. He he…

No comments: