Thursday, January 29, 2009

MOLLEN MANIA

Thursday, January 29, 2009


Mollen……salah satu cemilan kesukaanku sejak kecil. Kue goreng berbahan dasar terigu yang di dalamnya berisi pisang. Belakangan isinya dibuat bervariasi dengan rasa kacang hijau dan nenas. Tergantung selera suka yang mana. Tapi tentu saja aku juga pilih2. Untuk mollen rasa pisang, aku suka yang pisangnya manis, ga suka kalau isinya pisang yg masih belum terlalu matang atau pisang kepok.

Mollen makanan murah meriah yang bisa kita dapatkan di gerobak2 di pinggir2 jalan. Di Bandung mollen yang biasa kubeli dijual di daerah yang biasa kulewati, so ga usah jauh2 mencari. Mollen kecil2 seribu dapat 3. Aku biasanya beli di mang gerobak di Jl. Asmi Bandung. Biasa mangkal di depan SD Asmi dari pagi mpe sore. Ada 3 pilihan rasa, pisang, kacang hijau dan nenas. Aku rasa nenas kurang begitu suka, biasanya beli rasa pisang dan kacang hijau. Pernah ngebungkus dibawa ke kantor, buat cemilan sore pas lembur. Ternyata temanku juga suka. Akhirnya kadang suka nitip, beli 5 ribu, dapat 1 dos kecil, lumayan buat pengganjal perut.

Belakangan aku nemu lagi mollen yang enak, dengan ukuran lebih besar, dijual @Rp.600,-. Kulit luarnya empuk banget, ga seperti kebanyakan mollen yang lapisan luarnya agak keras. Dan jadilah nih mollen jadi mollen favoritku. Mollen di Jl. Karapitan, hampir ke Simpang lima Asia-afrika. Di sana juga dijual ca kwe, odading dan kue tambang. Semuanya enak. Teman2 kostku akhirnya juga kut ngicipin mollen ini, dan akhirnya menularlah, jadi pada suka mollen ini. Anak2 sering telp/sms nitip dibeliin mollen sepulangku dari kantor. Dan parahnya ada salah satu temanku yang jadi mollen mania. Nih anak klo udah suka ma makanan tertentu, jadi maniak banget. Dulu dia suka nasi liwet, hampir tiap hari bikin nasi liwet. Suka tjap jae, hampir tiap hari mbujukin minta dibikinin tjap jae. Eh sekarang dia jadi mollen mania. Tiap hari selalu minta dibeliin mollen. Akhirnya…. jadilah aku saban hari beli mollen, mpe yang jual apal banget ma aku. Mungkin mpe heran, nih orang kok ga bosen2nya ma mollen. Dan tiap kali si Kuntil maen ke kost, dia tanya, ‘Ada makanan apa?’
Dijawab serempak,’mollen.’
He he he….. mollen lagi mewabah. Aku yang sekarang akhirnya jadi dah agak bosan ma mollen. Dah neg. Tiap ke sana beli cemilannya jadi bervariasi, ga selalu mollen.
Mollen….. oh mollen……

No comments: