Thursday, January 29, 2009

GEDUNG SATE……… YA BANDUNG LAH!!!!!!!!

Thursday, January 29, 2009


Gedung Sate….. siapapun pasti langsung ingat ‘Bandung'. Yah, Bandung identik dengan Gedung Sate-nya, tempat para wakil rakyat propinsi Jawa Barat bekerja saban harinya.
Hari minggu kemarin, waktu jalan2 ke Gazibu, kita pengin sekalian foto2 berlatar Gedung Sate, biar kelihatan Bandung-nya. Dan ternyata persis di depan pagar Gedung Sate buat parkir mobil. Percuma berfoto di situ, take dari sudut mana pun deretan mobil2 itu pasti akan kelihatan di foto. Merusak pemandangan.
Kita lihat ada ibu2 yang lagi ngasuh 2 anaknya di dalam taman kompleks Gedung Sate, juga beberapa pemuda.
‘Coba masuk aja yuk, kita foto di dalam aja,’ usul Kuntil.
Kita cari pintu masuk, semuanya dikunci. Mereka pada masuk dari mana ya?
Kebetulan si Ibu yang lagi ngasuh anaknya berjalan ke arah kami, dia mencoba keluar lewat pintu di depan kami, ternyata digembok.
Akhirnya kucoba bertanya ma Ibu ini.
‘Boleh masuk ke dalam ya Mbak?’
‘Boleh kok.’
‘Tadi masuk dari mana?’
‘Itu dari pintu yang sebelah sana. Tadi dirantai, angkat aja rantainya, ga digembok kok.’
Akhirnya kita menerjang teriknya matahari yang hari itu panasnya ga kira2, menuju ke pintu yang ditunjukkan si Mbak.
Ternyata di sana digembok. Ada 2 orang cowok yang coba masuk juga tapi buru2 dikunci ma Security di sana. Aku dengar percakapan cowok itu dengan Security, dia bilang dia dari Jakarta, cuma pengin foto aja sebentar. Bagaimana pun cowok itu coba membujuk untuk masuk, si Bapak Security tetap tak bergeming.

He he….. coba ya, kalau yang mbujukin cewek, biasanya suka lebih sukses.
Kupanggil Bapak Security.
‘Pak, boleh ya masuk sebentar. Kita cuma mau foto aja kok. Kita dari Jakarta Pak. Kita jauh2 ke sini cuma pengin foto aja. Boleh ya Pak?’
Si cowok yang sebelumnya juga membujuk si Bapak juga kut menimpali.
‘Iya Pak, kita datang jauh2 dari Jakarta!’
Setelah dibujuk beberapa kali, akhirnya si Bapak luluh juga.
‘Boleh lihat KTP-nya.’
Kutoleh Riz. ‘KTP-mu?’
‘KTP-ku KTP Yogya!’
Tadinya kupikir, klo kepaksa keluarin aja KTP Yogya-ku and Riz, Yogya kan lebih jauh dari Jakarta. Akan kubilang kita asli orang Yogya yang kerja di Jakarta, lg wisata ke Bandung.
Ternyata itu ga perlu. Lex hari itu jadi pahlawan kita. Dikeluarkannya KTP-nya. Kita boleh masuk, KTP Lex ditahan. 2 cowok yang mengaku dari Jakarta, mereka juga boleh masuk dengan meninggalkan KTP-nya juga.
Hore….. akhirnya kita bisa masuk. ‘Hidup Jakarta!’
Berkat KTP Jakarta akhirnya hari ini kesampaian foto2 di Gedung Sate.

He he….. tapi hari itu masih belum puas. Masih ada satu obsesiku yang belum kesampaian. Pengin naik mpe Puncak Gedung Sate. Pengin memandang Bandung Utara dari ketinggian. Ada kulihat hari itu yang lagi foto Pre-Wed di sana. Berarti umum boleh naik mpe sana kan?
Naik ke menara Masjid Agung di Alun2 Bandung aku sudah 2x, tapi view Bandung Tengah kurang bagus. Tata letak bangunannya terlalu crowded. Sepertinya view Bandung Utara lebih bagus.
Pulangnya, sembari ambil KTP, kucoba bertanya ke Bapak Security. Katanya kalau pengin naik mpe puncak, datang aja sore hari pas hari kerja, di jam pulang kerja, sekitar pk. 4-5 sore. Minta izin dulu. Kalau mau foto Pre-Wed di sana, minta izin ke Biro Umum, minim 1 minggu sebelumnya.

Terimakasih Pak, hari ini kita kesampean foto di Gedung Sate. Boleh masuk……., lagi.
Boleh ya Pak nti kapan2 ke sini lagi.
Si Etil yang asli orang Bandung, yang dari kecil tinggal di Bandung aja, pasti belum pernah mpe masuk Gedung Sate. Kita yang semuanya pendatang, lebih dulu bisa masuk ke sana.
Nti ngledekin si Etil ah….. biar dia jadi pengin ke sana. He he……

No comments: