Friday, January 23, 2009

MUSUH BEBUYUTANKU……………………

Thursday, January 08, 2009


Sejak tahun baru kemarin, kuproklamirkan……. ‘Musuh bebuyutanku…… si cucurut nakal…….”
Mpe geregetan aku dibuatnya. Niat mau irit, eh…… mah diganggu ma si makhluk kecil tak berperiketikusan ini.
Jangan2 coz aku kurang beramal ya, mpe2 ransumku digerayangin ma si makhluk jelek ini. Tapi kok ya ngamal ma tikus to……….
Pertengahan Desember 2008 kemarin, cucurut mulai mewabah di kostku. Kudapati buah apel ma pear yang belum ta’taruh kulkas, masih di atas meja kamarku, berlubang seukuran moncong cucurut. Wuah…… apelku dimakan tikus. Akhirnya harus merelakan si apel ma pear mengisi kantong sampah belakang.
Kejadian berulang lagi. Dapat apel dari salah seorang temanku, baru juga ditaruh di atas meja, tau2 juga dah bolong lagi. Dasar si cucurut.
‘Wah….. ati2 lho, ada tikus clurut. Dari ukuran lubang di apel, kayanya emang tikus clurut.’
Habis itu anak2 pada ati2 bgt ngejaga makanan. Makanan di atas meja makan jadi pada ga mau makan. Periksa cemilan2 sisa Lebaran kemarin, yg plastiknya berlubang, tanpa ampun langsung menghuni kantong sampah, takut sudah terkontaminasi kuman pes yang dibawa si cucurut. Jadilah semua ekstra ngejaga persediaan makanannya, dipacking rapat serapat-rapatnya, ga rela dijamah oleh makhluk tak tahu sopan santun itu.

Suatu pagi, aku ingat bgt, msh punya coklat Ausie oleh2 dari Week. Masih sayang buat dimakan, akhirnya kusimpan dulu di antara tumpukan buku2ku, masih di kantong plastic. Dah berlalu beberapa bulan, sama sekali belum kubuka packingnya coz aku lupa. Duh jangan2 dah expired ya.
Dan alangkah kesalnya aku waktu kudapati tyt coklat ini sudah lebih dulu dijamah oleh si cucurut nakal.
‘Argh………..!!!!!!!!!!……………….. keselnya……’
Sejak itu kuproklamirkan, musuh bebuyutanku si cucurut nakal.
Ampyun deh, klo ingat gimana mbujukin si Week biar mau mbawain tuch coklat, coz harganya yg tiba2 aja jd mahal bgt, di Papua 1 batang coklat Ausie berukuran sedang,pertengahan tahun kemarin harganya menjadi 45 rb. Gila…..
Padahal tadinya aku minta dioleh-olehin 2 white chocolate, 1 fruit flavor chocolate, n 2 original chocolate.
Duh musti ngeluarin berapa duit tuch buat coklat doank, mana kecil lagi. Akhirnya harus rela…… 1 coklat aja dech, dp tidak sama sekali.
‘Wah, si cucurut pintar juga ya. Tau aja aku naro coklat di situ. Aku aja dah lupa!’
‘Coba yg disimpan coklat merah bergambar ayam jago, pasti aman!’ kata seorang teman kostku.
‘Iya ya….. Wah berarti si cucurut taste-nya tinggi juga ya. Tau coklat mahal.’

Akhirnya, demi mengembalikan kost ke situasi aman damai sentosa, kita berniat menghalau pergi si cucurut. Coz pada sibuk semua (buat menutupi kenyataan sebenarnya bahwasanya kita malas), akhirnya minta tolong mang Dede buat mberesin barang2 + dos2 yg pada balatak di bawah meja makan. Dos TV besar yg dari dalamnya suka terdengar suara2 aneh. Rupanya menjadi sarang si cucurut ini.
Akhirnya pagi2 di hari libur, aku menjadi saksi penggusuran sarang si cucurut ini oleh mang Dede coz anak2 yg lain masih berada di alam lain……, di alam mimpi maksudna.
Ada tujuh cucurut……. Gila….. Langsung aja pintu kututup semua waktu mang Dede berinisiatif menumpahkan semua isi dos. Dasar mang Dede, ketujuh cucurut ini dimasukkannya ke dalam kantong stoples. Mau dipiara katanya, cucunya pasti suka. Hi……………. Miara cucurut…….? Mending klo yang warnanya putih. Ini mah ga ada lucu2nya sama sekali, hitam legam. Mungkin aku dah underestimated duluan ma si cucurut ini kali ya.
Kita semua lega setelah tau ketujuh cucurut sudah diungsikan. Aman deh……

Ternyata …… kata aman itu belum sepenuhnya menjadi milik kita. Suatu pagi kudapati mie instant di laci lemariku menjadi mangsa si cucurut. Hi…….. berarti si cucurut ini bebas keluar masuk kamarku. Bisa mpe masuk laci segala, padahal tertutup rapat. Lewat mana ya???? Benar2 deh…….
Si cucurut ini memang benar2 gesit. Pernah malam2, jam 11 kulihat dia nerobos masuk ke kamarku. Tyt dia bisa manjat, via tali tirai pintu. Akhirnya malam2 jadilah nguber2 si cucurut. Badannya lentur dan geraknya cepat sekali. Biar pun kujelajah semua sudut, kolong bed juga kusodok-sodok pakai sapu, tidak juga kutemukan si cucurut ini. Pandai sekali bersembunyi dan tidak takut apa pun. Disemprot ‘Baygon’ juga dia kuat ma baunya, mah aku sendiri yg ga kuat. Yah….. berburunya lanjut besok lagi. So demi amannya, sekarang tirai pintu pada diikat. Dp memberi kemudahan akses bagi si cucurut untuk merampok. Dan sejak itu pula, harus rela tidur dengan lampu kamar nyala. Takut tiba2 aja si cucurut kut satu selimut denganku. Hiiiiiiiiiiiiii ………. mengerikan…………………..

Dihitung-hitung, aku dah cukup royal ngasih makan ke si cucurut ini meskipun sebenarnya aku sama sekali tidak ikhlas. 9 bungkus mie instant dan si cucurut ini paling suka Indomie empal genthong. Pasti jadi sasaran empuk pertamanya. 2 bks Beng Beng, kacang pedas 2 bks, wafer Tango 1 bks, 1 bks Trenz rasa keju. Dan yang paling membuatku kesal lagi, Susu Milo-ku juga jadi korban keganasan cucurut. Coz udah ilfeel, akhirnya dibuang juga. Dan yang membuatku heran, si cucurut ini doyan permen Tolak angin. Biar ga masuk angin kali ya…….. kan dia semacam kalong, baru beraksi klo malam tiba.

Tiap kemasan makanan cuma digigit secuil doank, tapi melihatnya udah ilfil duluan, akhirnya dibuang deh.
Kata temanku,’Itu pembalasan dendam cucurut coz kemarin sarangnya diobrak-abrik. Cuma mau bikin kesal aja.’
Sepertinya memang iya, tiap kemasan makanan cuma digigitin kemasan plastiknya doank, makanan cuma berkurang secuil kecil. Cucurut ini juga doyan kertas lho. Tapi kertas yg sudah rada lama, yg rada bau apek. Kliping artikelku kudapati ujungnya pada bergelombang habis jadi sasaran si cucurut. Wheleh…. Wheleh….. biar tambah pintar, tambah canggih beraksi kali ya…..

Mungkin si cucurut pengin mengajarkan biar kita hidup sehat. Biar ga makan yg serba instant2. Akhirnya sekarang jadi males nyimpan2 makanan instant di kamar, takut cuma bikin tambah ndut si cucurut aja.
Tapi ada hikmahnya juga. Berkat si cucurut ini, akhirnya mau ga mau aku beres2 kamar, ga ada alasan kecapean, jangan sampe ada celah2 yg bisa buat ngumpet si cucurut. Harus rela beres2 kamar baru kelar jam 11 malem. He he…. Resolusi tahun 2009. Try to be on time!!!! Manage your time….. Manage your pocket…… Manage your life…..
Semoga kamarku bisa rapi terus tidak hanya pas ada wabah cucurut aja.
Sssttttt……… sekarang anak2 kost juga pada rapi lho. Kemarin pada kerja bakti beres2 kost. Aku pulang kerja, kost disulap jadi bersih. Barang2 yg ga dipake pada dijual ke rongsokan, uangnya katanya nti untuk masak rame2. He he….. ga tau bisa bertahan rapi berapa lama……
Semoga deh, semangat tahun 2009……. Hidup lebih teratur dan terarah……
Semuanya……. Semangat!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

No comments: