Friday, April 24, 2009

SIAPA BILANG PAJAK ITU MENAKUTKAN

Tuesday, March 31, 2009-03-31

Dulu2 tiap denger kata ‘Pajak’ kesannya serem banget. Sesuatu yg kalau bisa lebih baik dihindari. Menakutkan..... Segala sesuatu harus dengan perhitungan matang, ketelitian, kehati-hatian. Jangan sampai melaporkan informasi yang salah dp repot belakangan. Apalagi tiap denger bakal ada pemeriksaan pajak. Huffffff.........bakal makan ga enak tidur pun tak nyenyak.

Tapi belakangan ini, buatku pajak ga terkesan angker lagi. Tiap kali aku bertandang ke KPP (Kantor Pelayanan Pajak) aku selalu mendapatkan pelayanan yg baik. Setidaknya 3 KPP yang selalu kudatangi. Kurang tahu dengan pelayanan di KPP yg lain, semua tergantung person di dalamnya yang membentuk citra KPP di mata masyarakat.

R. tunggu KPP sejak tahun kemarin sudah direnov menjadi sebuah ‘waiting room’ yg nyaman. Dgn interior ruang yg bagus, TV dgn layar lumayan gedhe, dilengkapi mesin antrean dgn ‘calling system’.

Tiap kali konsul pun, aku dilayani oleh AR (Account Representatif) yg ramah2, so aku merasa amat nyaman dan tidak segan menanyakan segala hal yg pengin kuketahui.

Apalagi pemeriksaan pajak sekarang ada etika-nya. Sekarang petugas pajak tidak boleh main datang periksa. Semua ada prosedurnya dan harus ada surat perintah resmi dan ada pemberitahuan sebelumnya. So.....sekarang ga perlu khawatir dengan adanya pemeriksaan dadakan.

Mekanisme ‘revisi’ atau pembetulan pun bisa dilakukan. Jika ragu2 bisa konsul dulu dgn AR.

Yah....Pajak. Semoga kita semua semakin disadarkan untuk lebih tertib pajak. Tertib dengan kesadaran sendiri dan kerelaan hati. He he he.... biar kita dalam membayar pajak dan melaporkan pajak kita terasa ringan, tidak membebani kita.

No comments: