Friday, April 24, 2009

KANGEN MASAKAN MAMI

Sunday, March 29, 2009

Suatu siang di minggu2 kemarin, ibuku meneleponku. ‘Nanti pulang pengin dimasakin apa?’

He he..... pengin apa ya. Si Etil yang bakal ikut pulang denganku, dia lagi kangen masakan rumahan, masakan Madiun. Dan aku juga kangen banget masakan ibuku. Yang ada di pikiranku saat itu, sayur brongkos ma sayur lompong. Dah lama banget ga makan euy.......

Si Etil dah dari tahun2 kemarin pengin ngrasain sayur lompong (daun talas) coz kemakan promosiku. Coba hunting di Bandung mpe sekarang belum nemu2 juga.

‘Sayur brongkosnya dikasih kulit melinjo ma telur ya?’ pesanku ke Ibu.

Kata Ibu kebetulan sekarang2 ini di pekarangan belakang rumah lagi banyak2nya tumbuh lompong sayur, padahal tahun2 kemarin begitu susah mendapatkannya, aku nanya2 ke tetanggaku barangkali ada yg punya tanaman lompong juga tidak membuahkan hasil.

Kata Ibu, lompong di belakang rumah itu tumbuh dari bakal umbi yang ada di bawah tanah, mungkin tertidur selama beberapa waktu dan gara2 hujan yang belakangan intensitasnya lumayan, akhirnya membangunkan tidur panjang si lompong. Whuaaaaaah....... kebeneran dah.

Ya....... aku kangen banget masakan ibu. Sepertinya bagiku untuk saat ini, masakan ibu adalah masakan paling enak di dunia coz dimasak dengan penuh cinta untuk putri tercinta. He he..... lebay.

Sebenarnya banyak banget masakan ibu yang kupengin. Tahu guling atau tahu goreng, oseng2 daun pepaya di mix ma ikan teri, balado telur mata sapi, sambal goreng tongkol, oseng2 pepaya, sengek tempe-kacang panjang-kol dimakan ma sambal pedas, sambal goreng krecek, sambal gereh, tempe garet, kering tempe basah, arem2, lumpia....... Apa lagi ya????

Pengin dibikinin wedang wortel, wedang jahe and sari kacang hijau lagi..............

Hmmmmmmm...................... buanyak dah......... Makanan rumahan yang jarang atau ga bisa kujumpai di Bandung. Tapi ga mungkin minta dimasakin semua, selain kasihan ibu yang pastinya akan kecapean, resiko bakal dimarahi klo masakan ibu ga kuhabisin gedhe, coz tiap pulang seringnya aku cuma makan sekali di rumah di pagi hari, selebihnya selalu makan di luar sekalian jalan, sekalian mengobati kangenku ma jajanan di Yogya yg kataku enaknya tiada duanya. He he jadi kangen angkringan.......

Buat yang di rumah, mohon pengertiannya ya.....Menu makan di rumah aku yang nentuin. Mau ga mau harus pada mau coz aku dah request ke Ibu. Hari 1 liburan di Yk, sayur brongkos ma kering tempe basah.

Hari ke-2 sayur lompong ma sambal goreng tongkol.

Hari ke-3 dst....... dipikir nanti sambil jalan deh...... He he he........

Jadi ga sabar pengin cepet2 pulang. Pengin cepet2 makan masakan mami.........

Ibu.....nti masak yang enak ya, biar aku makannya banyak......... ^_^

No comments: