Friday, April 24, 2009

SEBUAH KEHIDUPAN BARU

Tuesday, April 21, 2009

Hari ini hari Kartini, hari kelahiran Raden Ajeng Kartini, seorang wanita perintis emansipasi wanita di Indonesia. Tapi aku tidak akan mengupas tentang Raden Ajeng Kartini atau emansipasi wanita. Tentang peran seorang wanita juga, tapi lebih dari salah satu peran seorang wanita sebagai seorang Ibu. Yah… Ibu. Ada yang merasa belum sempurna sebagai seorang wanita jika belum menjadi seorang ibu, jika belum melahirkan seorang anak dari rahimnya sendiri.

Menjadi ibu, sebuah tugas mulia yang cukup berat. Tanggung jawab yang besar mengasuh, membesarkan, mendidik seorang bayi kecil menjadi manusia dewasa. Menanamkan nilai2, mengajarkan banyak hal, memberikan pengetahuan dan pengalaman2 baru sebagai bekal untuk masa depan. Memang benar kata pepatah ‘Surga ada di bawah telapak kaki ibu’.

Sabtu, 4 April 2009 tiba saatnya bagi salah seorang teman baikku untuk melahirkan, anak pertamanya. Ya ya ya….. nanti saat aku pulang ke Yogya nanti sudah bisa ketemu keponakan kecilku.

Temanku masuk klinik bersalin dari Sabtu pagi. Sempat2nya temanku Fb-an. Yah….tapi bagus juga klo di Rumah Sakit ada fasilitas hotspot, yg nunggu jadi ga bete n yang sakit bisa teralihkan rasa sakit dan rasa jenuh di RS dengan ber-fesbuk ria. Tapi jangan2 mah saking serunya Fb-an, yg sakit lupa klo dia lagi sakit, harus banyak beristirahat, yg nunggu lupa klo lagi nunggu orang sakit, yg sakit jadi terabaikan. Yah, semua ada plus minusnya. Yg jelas saat itu Fb cukup membantu mengurangi rasa jenuh temanku.

Ternyata sebuah perjuangan yang sangat berat. Sampai minggu pagi, temanku tidak mengalami kemajuan, masih pembukaan 1. Dia dihadapkan pada 2 option, induksi atau Caesar. Kasihan baby-nya, sudah telalu banyak cairan yg keluar, dikhawatirkan bakal terjadi infeksi. Untuk sementara temanku diberi antibiotic untuk mencegah infeksi.

Yah….. 2 pilihan yang sama2 berat. Kubilang ke temanku untuk dipikirkan bener, semua demi si kecil. Apapun yang dipilih, jalani saja dengan sabar. Dua pilihan yg sama2 sulit dan sama2 sakit.

Induksi, akan terasa sakit, rasa mulas akan berlipat-lipat, tapi setelah baby lahir pemulihan akan cepat.

Caesar, proses kelahiran ga sakit, tapi nanti pemulihannya rada lama.

Aku sendiri juga belum pernah mengalami cuma denger dari orang2 saja.

‘Apapun yang dipilih nti, jalani dgn sabar ya. Yg kuat ya. Salut ya ma Ibu kita. Berjuang Ta, demi si kecil. De2nya dah buru2 pengin dipeluk maminya. Semangat ya!!!!!! ‘

Kata temanku,’Wah emang bener2 salut ma ibu deh. Bo… trny proses mo melahirkan tuh sakitnya kaya gini. Wah sakitnya benar2 luar biasa…mpe bisa nangis sendiri n badanku keringetan semua.’

Aku cuma bisa reply memberinya semangat:’Sekarang sakit dulu, tp nti sakitnya akan terobati saat melihat si kecil. Ayo semangat! Ita! Semangat!’

Rasanya sedih banget, tidak bisa menemaninya di saat2 sulitnya. Tapi aku juga tahu, di sampingnya aku tidak akan tega. Pasti aku akan lebih merepotkan bila ada di dekatnya, tidak bisa berbuat apa2 untuk membantunya. Bisa jadi malah orang2 di sana yg akan repot sibuk menenangkanku.

Yang bisa kulakukan dari tempatku hanya menghiburnya, menyemangatinya. ‘Ayo…kamu bisa, pasti bisa. Yang kuat ya.’

Kukirimkan sms2 lucu, sapa tau bisa menghiburnya, mengalihkan perhatiannya sesaat dari rasa sakit yang dirasakannya. Mengingatkannya akan masa2 lucu yg dulu pernah kita lewati bersama.

‘Yang sabar ya. Km pasti bisa. Ayo buktiin km bs. Inget aja saat2 lucu zaman kt kul dulu, zaman kt maen bareng. Semangat!!!! Gerak jalan 17 Agt pake kain aja bisa. Siap grak! Maju jalan! He he he he . Hidup Bobo!’

He he aku juga ketawa sendiri baca smsku. Ayo Ita semangat!

Pk.21.30 temanku sms,’Doain aku ya…Insya Allah ntar jam 11 mlm aku operasi Caesar.’

Akhirnya diputuskan ‘caesar’.

‘Ya, mg2 smua lancar ya. yg tenang ya, ga usah deg2an. Everything will be OK. GBU.’

Tuhan, semoga ini yg terbaik. Dampingi temanku Tuhan, agar bisa melewati operasinya dengan lancar. Semoga Ibu dan bayi selamat.

Kukirimkan sms ke Ibu, adikku n teman2ku yg jg teman Ita, minta bantuan doa, agar operasi berjalan lancar.

Salut Ta aku sama kamu. Sebelum2nya teman2ku yg lebih dulu melahirkan tidak melewati proses yg sesulit kamu. Dulu mbakku juga pernah kaya kamu, akhirnya dia pilih Caesar juga.

Saat2 menjelang proses operasi, apalagi jika itu saat pertama kali. Aku tahu pasti berat bgt. Deg2an. Dulu waktu aku menemani Ibuku menjelang operasinya, aku tahu, biarpun Ibuku terlihat tenang, dia cemas luar biasa. Tiap dengar sura brankar didorong, pasti terlonjak kaget, jangan2 sudah saatnya. Apalagi waktu itu menjelang menit2 operasinya, teman baiknya datang, dia menangis di depan Ibuku. Ibuku tenang2 saja, temannya malah menangis tersedu-sedu sambil mendoakan Ibuku. Semakin membuat tegang Ibuku saja. Ditambah terdengar tangis histeris dari pasien sebelah kamar yang habis dikuret. Hua…… semakin membuat panic ibuku.

Waktu operasi usus buntu adik temanku, dia cowok, badannya gedhe, pemain sepak bola, tapi tyt dia parno juga. Mpe sembunyi di kamar mandi ga mau keluar. Akhirnya dipaksa ma suster n ayahnya dgn ultimatum klo ga mau keluar, pintu akan didobrak, baru dia mau keluar untuk operasi.

Yah, siapa yang ga takut. Badan akan disayat-sayat. Hi……..

Senin, 6 April 2009, pk 00.30 ku-sms suami temanku, menanyakan keadaan temanku dan bayinya. Langsung di-reply;’Alhamdulilah lancar. Skrg lagi bobo. Cewek babynya.’

Leganya. Puji Tuhan, semua berjalan lancar. Selamat ya buat temanku, akhirnya menjadi ayah dan ibu. Putri kecil mereka lahir di hari minggu 5 April 2009 pk.22.40. Selamat ya… selamat.

‘Buat Ita, Eko&keluarga, selamat ya atas kelahiran putri kecilnya. Smg bisa mjd cahaya bagi semua. Hore Tante Bobo&Tante Eka punya ponakan cewek!Jd ga sabar pengin lihat.’

Nama gadis kecil temenku Aurelia, dipanggil ‘Aura’. Waktu aku pulang ke Yogya kemarin sempat ketemu si kecil, sempet menggendongnya, memangkunya rada lama, mpe keringetan. Pada diketawain. Tanganku mpe kesemutan. Tyt menggendong seorang bayi tu berat juga ya. Salut ama Ibu. Banyak diuji kesabarannya.

Dan buat si ayah, selamat ya. Harus siap begadang tiap malam, bergantian menjaga si kecil, yang pastinya tiap malam bakal sering terjaga.

Cantiknya gadis kecil temanku. Mpe ketemu lagi nti waktu tante pulang Yk lagi. Nti jalan2 bareng ya.

He he selamat selamat.

No comments: