Saturday, June 6, 2009

TAHU GULING

Saturday, June 06, 2009

Dah lama banget pengin makan ni makanan. 6 tahun tinggal di Bandung tak juga kutemukan di manakah bisa kutemukan penjual tahu guling ini. Makanan khas Jawa Tengahan. Ibuku biasa bikin kalo lagi renovasi rumah, buat makan siang tukang2. Memang segar disantap saat makan siang.
Selama 6 tahun ini baru sekali aku makan tahu guling, itu pun terpaksa bikin sendiri coz kakakku juga bilang pengin tahu guling. Akhirnya di tahun 2003 aku ekstra bikin buatku dan kakakku.
Beberapa bulan ini aku kangen ma makanan ini. Coba tanya2 ke temanku mereka pada ga tahu di Bandung yg jual di mana, bahkan kebanyakan pada ga tahu ‘tahu guling’ tu bentuknya kaya apa.
Akhirnya mau ga kalau pengin ya harus bikin sendiri.
Bikin sendiri???
Ya itu. Males…….. Begitu panjang tetek bengeknya. Musti bikin bacem tahu dan tempe kemudian digoreng. Menggoreng kerupuk kecil2 dan bawang merah. Bikin kuah. Tahu dan tempe, kol, daun jeruk, daun seledri dipotong kecil2. Merebus tauge, menumbuk bawang putih dan cengek. He he he ribet banget, padahal makannya cepet banget.

Saking penginnya makan ni makanan, akhirnya memaksa meluangkan waktu untuk bikin sendiri. Biar cepet, aku beli tempe bacem yang udah jadi di mang yang jualan gudeg Yogya. Sayangnya tahu bacemnya dia ga jual. Yah, tempe guling pun jadilah.

Sehabis nonton ma Etil di Empire, aku mampir dulu ke Hypermart, beli tauge, kecap manis ma gula merah. Hehehe mau ga mau malam ini musti bikin tempe guling kalo ga mau tempenya mubazir. Salliwet kirim sms, dia bingung belum makan malam, mau nitip dibeliin makan.
‘Udah, kita bikin tahu guling aja ya.’
‘Okey.’

Akhirnya mpe kost, langsung gerak cepat bikin tahu guling. Karena ga ada ketupat (biasanya tahu guling dimakan sama ketupat, kalo ga ada ketupat, nasi putih pun bolehlah), akhirnya masak nasi. Biar cepat, masak air dulu mpe mendidih, baru airnya dipake buat masak nasi di ricecooker.
Kebetulan di kost masih ada stock kerupuk kecil2. Salliwet kebagian tugas menggoreng kerupuk dan memotong-motong tempe kecil2. Aku bikin kuah dan nyiapin bahan2 yang lain. Si Etil ga mau bantuin, dia lebih memilih cuci piring n peralatan masak keesokan hari. Dasar si Etil…..

Ga kepikiran periksa stock bumbu, tryt cengeknya habis. Sama sekali ga ada stock di kulkas. Bawang putih juga tinggal 1 ½. Ini sudah cukup. Cengek… itu harus ada. Ga akan enak klo ga pedes. Si Salliwet yg ga doyan pedes, dia senyum2.
‘Ya udah ga usah pake cengek aja.’
‘Ga bisa. Harus ada. Ga enak ga pake cengek.’
Akhirnya berdua ma Salliwet pk.20.30 maksa ke Ibu nasi uduk yg juga jual gorengan, niat mau beli gorengan + ekstra ambil cengek. Cuma butuh 4 sampai 5 biji doank, tyt warung nasi uduknya udah tutup. Ke warung depan kost juga ga jual cengek.
Kata mas mie ayam yang biasa nangkring di depan warung,’Udah ke rumah aja. Ada banyak.’
‘Yeee…. Males ke sananya.’
Akhirnya…’Mas, sambalnya sambal cengek kan? Boleh minta ga?’
Mas mie ayamnya baik banget, dia mau kasih gratis sambel cengek dimasukin ke plastic.
‘Maturnuwun Mas! Ini ga bayar kan?’
Mas mie ayam langganan anak2 kost, orang Solo, jadi wee kalo ngobrol ma Mas mie ayam pake bahasa Jawa.

Akhirnya kesampaian juga makan tahu guling eh tempe guling.
Begitu banyak rezeki pada hari ini. Selagi kita makan, si Dewot yang baru datang dari Cirebon bawain tahu Sumedang ma kerupuk kecil2. Kakaknya Salliwet datang bawain nasi goreng. Molen sisa nonton tadi juga masih ada. Dan si Etil bawa sayur dari kantornya. Hehehe… yang bakal ngabisin siapa ni.
‘Pokoknya tempe gulingnya harus dihabisin! Ini makanan langka. 6 tahun baru 2x bisa makan ni makanan.’
Si Tiut yang dari siang pengin makan tahu gejrot, akhirnya kesampaian. Tahu Sumedang dimakan pake kuah tahu guling, itu dah sama kaya tahu gejrot, toh bumbunya juga sama. Alhasil habis makan tempe guling, kita lanjut makan tahu gejrot.
Nyam nyam nyam……. Enaknya………………………. ^_^

Tinggal si Etil yang pagi2 kebagian jatah cuci piring dan semua peralatan masak bekas malam. Kebetulan pagi ini dia masuk siang.
Selamat ya Etil……………………. ~_^

No comments: