Friday, June 5, 2009

SEBUAH STASI DI TASIK-PANGANDARAN

Monday, May 18, 2009

Saluuuuuuuuuuut!!!!!!!!!
Kata itu yang terucap mendengar kisah perjuangan sebuah stasi di Pangandaran yang berjuang untuk tetap hidup dan berkembang. Sebuah stasi kecil yang mulai ada sejak th.1980-an dengan jumlah warga sekarang teramat sedikit. 30 warga bukan 30 KK. Waktu kami bertandang ke sana sebagai koor tamu, jumlah kami lebih banyak dibandingkan umat yang menghadiri misa. Kami berjumlah sekitar 30 orang, umat yang hadir jumlahnya tidak sampai 10 orang.

‘Memang beginilah keadaan kami. Kadang kala yang datang cuma 6 orang karena banyak di antara umat yg pergi ke luar kota. Akhirnya petugas ekaristi juga itu2 aja. Kadang kala jika ada tamu rombongan wisata yang ikut merayakan ekaristi di sini, kami minta bantuannya untuk mengisi mazmur, bacaan dan koor.’ Sungguh memprihatinkan.
‘Makanya di sini suka disebut ‘misa wisata’ karena banyakan yg ikut misa tamu2 yang sedang berwisata di sini.’

Kebetulan di kompleks kapel itu juga disewakan paviliun yang cukup nyaman. Boleh menjadi alternatif jika sewaktu-waktu berlibur ke sana. Paviliun dengan 3 kamar tidur ber-AC. Masing2 kamar berisi 1 twin spring bed dan 1 single bed. Ada 2 kamar mandi dan 1 ruang keluarga dengan sofa dan 2 kursi + meja kecil di beranda depan. Cukup menyenangkan. Lokasinya juga ga terlalu jauh dari Pantai. Jalan kaki ke pantai pun ga terlalu melelahkan. Bisa juga jika minta disediakan breakfast, lunch dan dinner.

Semoga stasi kecil ini tetap hidup dan berkembang. Warga stasi yang rasa kebersamaannya sungguh terasa. Terimakasih kami sudah diterima dengan baik.
Yah, stasi ini selalu terbuka untuk siapa saja, untuk kelompok koor mana saja yang bersedia mengisi koor di sana, untuk lebih menghidupkan perayaan ekaristi di sana.
Misa tiap minggu sore pk.05.00, di minggu I dan minggu III. Minggu II dan IV diisi ibadat oleh prodiakon setempat.

‘Bapak-Ibu, Cicilia (petugas lector hari itu), kami pamit dulu. Nti kapan2 boleh ke sini lagi ya! Terimakasih!’

No comments: