Friday, June 5, 2009

PANGANDARAN…………… HO HO HO

Monday, May 18, 2009

Akhirnya nyampe juga aku ke Pangandaran biarpun cuma sebentar, paling ga sudah pernah menginjakkan kaki di sana. Dari dulu pengin ke sana belum kesampaian. Terimakasih akhirnya ada kesempatan buatku nyampe ke sana.

Pukul 13.30 kita nyampai ke Pangandaran. Melewati sepanjang tepian pantai menuju Villa ‘Bintang Timur’ tempat kita transit sebentar dan pk.16.30 mengisi koor misa sore di sana.

@ Wisma Bintang Timur

Acara selanjutnya acara bebas s.d. pk.15.30. Rombongan terbagi dua, ada yg ke pasar, ada yg langsung ke pantai. Aku prefer ke pantai, ke pasar takut malah jadi boros beli yg aneh2.

Ternyata kios2 di sepanjang pantai menjual aneka pakaian yg lutchu2. Akhirnya beberapa dari kita menclok rada lama di sana, termasuk aku. He he. Ditawar susah banget. Paling puol bisa turun 5 ribu. Ditinggal pergi juga kagak ngaruh. Semakin mendekat ke arah pantai, harganya semakin mahal. Kata Ko Han di Pasar Baru juga banyak. ‘Tapi motifnya ga ada yg kaya gini,’ kataku. Akhirnya beli deh….. dp nti nyesel kepikiran.

Earthquake warning

Waktu ketemu Tante2, mereka pada menenteng ikan asin.
‘Klo Ibu2 belanjanya ya kaya gini, klo yg muda2 belanjanya baju2,’ kata Tante Iing.
Belakangan aku jadi ikut beli juga ikan asin buat oleh2 teman kost n teman kantor. Minta tolong Tante IIng yg nawarin. Beli 10 bungkus Rp.10.000,- Gila…. Murah banget. Ga sebanding dengan kerja keras mereka, menangkap, membersihkan, mengeringkan, packing dan menawarkan dagangan mereka dengan berjalan kaki di terik matahari sepanjang hari. Sebuah perjuangan untuk tetap hidup. Salut!

Panas begitu terik. Melewati tepian pantai sebentar terus nyusul Om dan Tante yg lagi pada jajan di warung2 di tepi pantai. Es kelapa muda @Rp.5.000,- Pecelnya @Rp.1.000,- juga boleh. Enak lho pecelnya. Aku nyomotin punya Tante Iing aja dan kebagian jatah ngabisin. Si Tante curang, tapi mang enak sih, bumbunya kerasa banget. Akhirnya pecelnya habis di tanganku. Aku juga maksa yg lain bantuin ngabisin es krim pudengku, 1 gelas Rp.5.000,-. Lumayan…………

Aku main air cuma sebentar coz pada ga semangat diajak main ke air. Ngobrol2 ma tukang perahu di sana. Namanya Akhmad. Dia ramah banget. Aku banyak tanya tentang Pantai Pasir Putih, pulau2 kecil di sana, pemandangan bawah laut dan absolutely ‘Green Canyon’. Ya…. dari dulu pengin ke sana. Selama ini cuma view gambar n lihat di tipi doank.
Sebenarnya aku pengin naik perahu, coz limited time, sekedar ke Pantai Pasir Putih aja gapapa deh, toh ½ jam di sana juga sudah cukup. Tapi pada ga mau diajak, takut tenggelam.
Waktu kutanya ke Akhmad, sewa perahu Pangandaran-Pasir Putih 75 ribu, belakangan diturunin jadi 30ribu. Sebenarnya jarak ke Pt. Pasir Putih ga jauh2 amat, sepertinya ditawar jadi 20 atau 25 ribu bisa. Tapi aku ga berniat menawar, buat gambaran dulu aja klo someday mau ke sana. Sewa perahu ke Green Canyon lebih gila lagi. 700 ribu boooo…. Mahal amat. ‘Itu masih bisa nego kok mbak,’ kata Akhmad.
Waktu tanya ke salah satu Bapak lingkunganku yg sering ke sana, katanya ke Green Canyon lebih murah bawa kendaraan sendiri ke sana, jangan sewa perahu. Naik ojek dari Pangandaran ke sana juga ada banyak kok.

Sebenarnya aku pengin ke Pantai Batu Karas, katanya lebih alami, belum terlalu komersil. Tapi di sana ada banyak turis asing coz lokasi ‘diving’. Hotel juga ga banyak, di sana lebih banyak perumahan penduduk yg disewakan. Jadi punya gambaran klo someday pengin ke sana. Menginap semalam di Pt. Pangandaran atau di Pt. Batu Karas lanjut ke Green Canyon. Pasti seru……………

Semakin sore semakin teduh. Akhirnya Ko Han, Ci Jena, Ci Siska muncul setelah rada lama ngilang di antara kios2 baju.
‘Main ke air hyuuuk…… masih pengin!’
Maksa mbak Janti, kutarik tangannya, akhirnya mau kut turun juga. Danil dah ga mau kena air. ‘Ya udah, km yg motoin ya! He he…’

Akhirnya main air lagi………………..
Lihat yg pada mandi2, pake ban mpe rada tengah, naik perahu………………. Jadi pengin. Andai ke sini ma Week, Nick, Ndra n Dhex, Kuntil, Lex, Etil, Salliwet, Tiut, Babon n Puad. Pasti pada mau diajak basah2an. Tapi di Pangandaran ada mitos kaya di candi Prambanan, yg lg ‘in relationship’ ga boleh ke sana klo ga mau ‘break’.

Pk.15.30 sudah dipanggil suruh balik ke Villa, bus yg menjemput sudah datang.

Waktu di bus, mbak Rini kebetulan duduk di depanku. ‘Lihat hp-mu! Td kutelepon berkali-kali ga diangkat. Mau kuajak naik perahu!’
‘Yah…… aku ga denger mbak. Ta’taro di tas.’
‘Makanya tadi aku terus naik perahu bertiga ma Lukas n ALoy, ke Pt. Pasir Putih. 30 ribu bertiga.’
Rada nyesel juga. Kebiasaan sih, makanya jangan pada marah klo meneleponku ga ta’angkat. Suka ga denger. Malas ke mana2 nenteng HP atau naruh di saku.

Mpe villa lagi. Kita antree mandi and then menyanyi lagi. Rasanya sore itu koor-nya lebih bagus dibanding waktu di Tasik. Yah…. maklum, kita menyanyi dalam suasana santai tanpa beban.
Kata mbak Janti, ‘Di Tasik kan kita grogi, difoto terus sih.’ He he…. Mang kita jadi seleb dadakan coz mas yg dimintain tolong memfoto ketitipan banyak kamera minta tolong dipotretin, termasuk salah satunya diriku. Makacih makacih.

Habis misa, kita ‘bersalin’ pakaian yg lebih santai lanjut barbeque di tepi pantai. Kita makan di tempat terbuka di sebuah rumah makan persis di pinggir pantai yg belum selesai dibangun. ‘Serasa di Jimbaran Bali’…. kata banyakan di antara kita.Menu yang sangat lengkap. Sate udang goreng, cumi goreng, ikan goreng, kepiting asam manis, sambal kecap, kerupuk dan 4 macam sayur tinggal pilih. Hmmmmmmmmmmmmmm………
Semua menu lauk aku alergi, tapi ya ga mau ketinggalan………Norit…. Norit…… He he……..
Makan malam diiringi debur ombak dan taburan bintang di langit. Wuowwwww……. Berharap ada meteor jatuh, ternyata malam itu tidak boleh ‘make a wish’.

Barbeque di tepi pantai

Akhirnya pulang….. back to Bandung.
‘Retno! Ga ada yg ketinggalan kan? Sudah puas kan ke pantainya?’ tanya Bu Ketua lingkungan.
‘Perahu ma ban-nya ketinggalan! Belum sempet naik!’ seruku dari belakang.
Yang lain pada ketawa.
Ya ya ya………… bikin planning lagi. Nti someday ke sana lagi rame2…… Hyuuuuuuuu… mari!!!!!!!!!!!!!!