Tuesday, June 8, 2010

MENGEPEL……………

Mengepel adalah pekerjaan rumah tangga yang paling tidak kusuka coz benar2 melelahkan. Musti di-pel berulang-ulang, berkali-kali ganti air biar benar2 bersih. Mana area yang harus dipel lumayan luas. Ya maklum, aku dibesarkan di kawasan pedesaan yang rata2 penduduknya tinggal di rumah yang lumayan besar dengan ruangan yang besar2. Tidak ada pembantu di rumah, membuat kami harus bekerja ekstra bersih2 rumah. Klo lagi bolong aja dulu aku baru mau ngepel lantai. Klo boleh memilih, aku lebih suka membantu ibu memasak di dapur lanjut cuci piring. Ini kebetulan pekerjaan yang adik2ku pada ga suka, mereka lebih suka menyapu. Jadilah dulu sering kita pada rebutan sapu coz menyapu ini pekerjaan yang paling ringan dan paling cepat selesai (dengan catatan tanpa membersihkan perabot2 n sarang laba2 di plafon).

Sekarang, tinggal di kost, membuatku harus mandiri. Harus mau melakukan semua pekerjaan toh itu juga demi kepentinganku sendiri. Menyapu, mengepel n bersih2 kamar. Mencuci baju, menyetrika, mencuci piring, sudah menjadi rutinitasku selama menjadi anak kost. Itu baru mencakup baju2ku sendiri, kamarku sendiri, rasanya sudah cape banget. Harus meluangkan waktu di antara kesibukanku. Makanya hari libur terkadang malah menjadi hari yang paling cape sedunia coz harus beberes rumah.

Sejak tahun kemarin, tepatnya setelah kita semua harus lebih mandiri coz sudah tidak ada lagi yang membantu membersihkan kost n kita merasa kost keadaannya sudah sangat menyedihkan, kaya sarang tikus. Akhirnya disusunlah tugas piket secara sepihak oleh Tiut. Ditempel di ruang tengah dan hukumnya ‘WAJIB’. Tugas piket meliputi mengepel semua lantai termasuk teras depan & teras belakang (kecuali kamar menjadi tanggung jawab masing2), menguras dan membersihkan kamar mandi depan & belakang, membersihkan dapur beserta pantry dan membuang sampah. Huehuehue….. benar2 kerja keras. Bisa seharian sendiri melaksanakan tugas kenegaraan ini.

Aku kebagian jadwal tugas piket hari Minggu coz aku br free hari Minggu. Partnerku Yatie. Hari Minggu sebenarnya juga bukan hari liburku, kadang2 malah suka ada acara seharian, makanya baru sekali aja bisa tugas piket bareng2 Yatie, selebihnya klo ga bisa dikerjain hari Minggu ambil hari lain atau klo ga, minggu ini jatahku, minggu depan jatah Yatie. Belum lagi mencuci n menyetrika baju2ku sendiri buat seminggu ke depan. Terkadang jam 12 malam baru bisa kelar semua. Huaduuu… kayak kerja rodi….

Lama2 coz terpaksa harus, ‘mengepel’ yang tadinya dengan berat hati kulakukan, jadi lebih terbiasa melakukannya. Dan aku nemu cara yang lebih praktis biar ga perlu sering2 ganti air. Bawa 2 ember. 1 ember berisi air yang sudah dicampur dengan 1 tutup botol obat pel dan 1 ember lagi berisi air bersih untuk membilas kain pel. Jadi tiap kain pel sudah mulai kotor, dibilas dulu dengan air bersih baru kemudian dicelup ke obat pel. Hehehe…. Jadi ga terlalu capek.
Sebenarnya tips ini yang biasa dilakukan ibuku. Ibuku termasuk kreatif coz apa2 sejak dulu harus dilakukannya sendiri di antara kegiatannya yang seabreg. Hebat ya ibuku………….

Lumayan juga. Belajar merawat dan mencintai rumah. Nti klo sudah menempati rumah sendiri biar sudah terbiasa menjaga rumah agar tetap bersih, sehat dan nyaman untuk dihuni. Bisa membereskan semua sendiri tanpa harus tergantung ma orang lain jika memang terpaksa tidak ada yang membantu.
Yayaya….. ‘room sweet room’ n then ‘home sweet home’………………..

No comments: