Saturday, March 21, 2009

LO MIE PEMBAWA CINTA

Saturday, March 21, 2009

Hari Minggu 8 Maret 2009, akhirnya kupenuhi permintaan anak2 kost buat bikinin lo mie. Mereka dah pada minta dibikinin dari tahun kemarin. Bersabar berapa lama tuh?????
Pulang dari tugas koor, aku jemput Kuntil, dia mau menemaniku belanja ke Pasar ITC. Belakangan ini harga sayur2an melonjak naik. Caisim sekarang jadi Rp.7.000/kg makanya tukang sayur keliling jarang yang mau menjual caisim. ‘Modal ga kembali neng!’ kata mang sayur. Baby corn yang gila banget, jadi Rp.30.000/kg. Si Kuntil mpe geleng2 dibuatnya.

Ada salah seorang penjual sayur di Pasar ITC yang aku apal dari dulu si Bapak ini pelit ngasih harga murah, apalagi bonus. Ditawar susah bgt. Ditinggal pergi juga ga ngaruh. Sudah keliling2 beberapa tempat tak kujumpai kangkung yang bagus. Kangkung yang paling bagus hanya kulihat di Bapak yang pelit ini. Tapi suer….. koleksi sayurannya mang bagus2 so pantas si Bapak ini jual mahal. Ada kulihat Ibu2 yang ampe bengong waktu mau beli paria. 2 buah paria dihargai Rp.5.000,-. He he kaya di Supermarket aja. Si Ibu akhirnya urung beli.
Seikat kangkung ma Bapak ini dihargai @ Rp.1.500,-. Yang bener saja. Kutawar ga boleh.
Akhirnya,’2500 tiga ya Pak! Kan belinya 3!’
He he….. ga nyangka, ma si Bapak dikasih. Harga kangkung jatuhnya jauh lebih murah dibanding kangkung di kios2 yang lain yang 1 ikatnya dihargai @ Rp.1.000. Lumayan.....
Si Kuntil beli beberapa macam sayur. Biarpun lebih mahal dikit gapapalah, toh kualitas sayurannya ga diragukan. Sama kaya beli sayuran di supermarket.
Ayam potong dihargai per kilo Rp.23.000,- ditawar cuma bisa turun jadi Rp.22.000,-.

Lumayan belanjaan kita hari itu. Ga ketinggalan beli jajanan tradisional yang biasa kujumpai di pasar2 tradisional di Yogya. Kangen euy ma makanan2 Yogya. Yang jual memang orang Jawa Tengah. Kita beli thiwul, pecel, lupis, ketan bumbu. Lumayan buat pengganjal perut sebelum mulai masak, meskipun rasanya ga seenak yang dijual di Yogya.

Untunglah hari itu Kuntil ga jadi mudik, so bisa bantuin aku masak. Seperti biasa minta tolong Salliwet buat motong2. Ya tiap masak dia kebagian tugas memotong2. Biarpun sambil ngomel2, dikerjakannya juga tugas memotong2 kangkung ma daging ayam yang sudah direbus.
Si Kuntil kebagian tugas membuat bakwan mie-jagung pedas ma ‘fresh drink’.
Sialnya di tengah2 acara memasak tiba2 aja selang gas bocor. Mana di luar hujan deras, so acara masak-memasak tidak mungkin dilanjutin di kontrakan Kuntil. Untung bakwan sudah digoreng separo adonan, dan ini sudah mencukupi buat kita2, sisanya disimpan di kulkas buat digoreng besok. Lo mie belum siap, kuah ma saos siramnya belum dibikin. Duh….. gimana nee.

Ga kehabisan akal, akhirnya terpaksa bikin kuah lo mie ma saos siram di rice cooker. Duuuh….. lamanya. Si Tiut mpe ga sabar. Dia dah berkali-kali mengeluh pengin makan lo mie, keburu dia berangkat kerja. Kasihan nee anak, hari minggu dia ga libur. Mpe waktu si Tiut berangkat kerja, kuah lo mie belum siap juga.
Lumayan cape memasak pakai ricecooker. Yang biasanya ada beban beras, bikin kuah, beratnya kurang mencukupi untuk bisa menekan tombol ‘cook’. Coz kecapean memegang tuas cook, akhirnya kuisolasi saja. Dan lumayan berhasil.
Memang rada memaksa. Terpaksa menumis bumbu di panci rice cooker.
Pelajaran buat kita….. Memasak menggunakan listrik ternyata jauh lebih lama dp memasak menggunakan gas. Terkecuali menggunakan microwave tentunya.

Pukul 15.00, akhirnya selesai sudah. Si Kuntil kuminta bikinin sambal buat kita2, sambal mentah ditambahkan air perasan jeruk sambal. Lanjut bikin ‘pop ice coklat’ di shake bersama Oreo dan es batu. Hmmmmmmmmm………

Setelah siap semua, makanan kita atur di meja makan. Si Etil ma Dewot muncul dari pintu belakang, mereka baru pulang kerja. Pas banget mereka mpe, masakan dah matang. ‘Siap2 kebagian cuci piring ya!’ Mereka ketawa.
Akhirnya kita makan bersama. Makan rame2 ber-8.
Hari itu kebetulan salah satu teman kost kita ada yg lagi PDKT. Sang arjuna yang kerja di Jakarta ikut makan bersama kita. Dan tampaknya usaha kita2 buat nyomblangin dua anak ini membuahkan hasil.
Usai makan bersama, si cowok berpamitan. Kita tahan dulu untuk berfoto bersama. Tanpa setahu dua pasang sejoli ini, si Kuntil meminta si ‘Kingkong’ untuk men-zoom 2 anak ini. Kita pura2 semangat action biar 2 anak ini tidak curiga. 2 kali take normal. Take ke-3 sengaja di-zoom dan kita berusaha rada menjauh dari kedua sejoli ini, memberi kesempatan kepada si Kingkong biar lebih leluasa men-zoom. Selesai sudah foto2 kita.

Tiba waktu bagi si Arjuna untuk kembali ke Jakarta. Malamnya dia harus kerja, so mau ga mau sore itu harus berpisah.
Kepulangan sang arjuna kita hantarkan dengan melantunkan tembangnya Pasto ‘Aku Pasti Kembali’ secara bersama-sama mpe depan pintu.

……… Aku hanya pergi tuk sementara….Bukan tuk meninggalkanmu selamanya…
Ku pasti kan kembali pada dirimu….. Tapi kau jangan nakal…. Aku pasti kembali……
Tapi kau jangan nakal……Aku pasti kembali……….

He he…… lumayan bikin kekhi mereka.
Waktu si cewek menghantarkan kepergian si cowok. Kita lihat2 foto2 kita. Dan ……Olala……….. kita semua terpesona dengan foto hasil jepretan Kingkong. Si cowok dan si cewek di zoom tampak begitu dekat. Hanya foto mereka berdua. Kita2 yang waktu berfoto sengaja rada mencondongkan badan ke kanan semua tidak tampak di foto. Si cowok tampak merangkul si cewek dan………… tangan si cewek memegang erat lengan si cowok…….
Woww………kita semua dibikin takjub dengan pemandangan ini. Rupanya si cewek benar2 sudah terpikat dengan si cowok. Biasanya mana mau tu anak. Gengsinya tinggi, apalagi di depan cowok. Usaha kita mencomblangkan mereka rupanya membuahkan hasil.

Waktu kita tunjukkan foto itu, si cewek benar2 kaget. Mukanya tampak merah. Dia berusaha merebut kamera tapi tidak kita kasih, takut di-delete-nya. ‘Di back-up dulu ya! Bis itu baru boleh lihat!’

Kita paksa si cewek duduk di tengah2 kita. Kita interogasi.
He he……akhirnya si cewek ngaku. Mereka baru aja jadian.
He he he……8 Maret hari jadian mereka.
‘Wah…. Berarti ini Lo mie pembawa cinta!’ seruku.
'Ya ya……. Lo mie pembawa cinta. Klo lihat lo mie…… pasti inget tanggal jadian! He he!'
'Wah wah diinget-inget tuh. Dicatat! Dicatat!'
‘Ya ya…… nanti ta’tulis di blog! Biar kita2 tetep inget saat tua nanti. Pasti seru ya, buat dibaca klo dah pada tua nanti’ kataku.
‘Ya ya……Ditulis…. Ditulis!’

Selamat ya! Semoga awet. Jakarta-Bandung? Gapapa……… 3 jam juga nyampe. He he he……

Ya ya ya……… Benar…… Lo mie pembawa cinta!!!!!!!!!!!!!

No comments: