Friday, March 20, 2009

IKHLAS….

Wednesday, March 18, 2009

Sedihnya hari ini. Ternyata selama ini salah seorang teman baikku mempunyai masalah yang cukup rumit tanpa aku pernah tahu. Dan akhirnya hari ini aku tahu karena ada teman yang memberitahuku. Padahal selama ini aku cukup sering berkirim sms dengannya, seperti biasa, bercanda, saling mengejek.
Yah, mungkin dia tidak ingin membebaniku dengan masalahnya karena dia pun tahu aku sendiri juga sedang dalam masalah meskipun aku tidak pernah cerita secara mendetail kepadanya.
Yah…. Kita sama2 tidak mau berbagi karena sama2 tidak mau saling membebani.
Dan temanku yang memberitahuku berpesan untuk jangan menanyakan apa2 padanya, bersikap biasa saja seolah-olah tidak tahu.

Yah, kita hidup memang tidak akan pernah lepas dari masalah. Masalah datang silih berganti. Selesai masalah yang satu, datang masalah yg lain. Bahkan kadang2 berbagai masalah datang berbarengan. Ini semua ujian buat kita. Kita mampu melewatinya atau tidak, semua tergantung pada kita. Dan untuk ini semua perlu kebesaran hati kita untuk menerima setiap cobaan dengan ikhlas.
Yah……’ikhlas’. Dengan keikhlasan semua akan terasa lebih mudah. Pasrahkan semua pada Tuhan. Setiap masalah pasti ada jalan keluarnya. Dan ini semua juga menguji kesabaran kita. Ada kalanya kita menemui jalan buntu. Begitu lama kita bersabar tapi tak kunjung kita temukan jalan keluar. Yah……ikhlaskan saja. Di saat yang tepat, pasti akan ada jalan.
Buat temanku, yang sabar ya. Jalani semua dengan ikhlas. Terus berdoa minta kekuatan dari-Nya. Jangan menyerah dan teruslah berjuang. Percayalah. Pasti akan ada jalan keluar.

Aku sendiri, selama ini mencoba menjalani hari2ku dengan ikhlas meskipun kadang2 terasa begitu berat. Tapi syukurlah, semua jika dijalani dengan ikhlas, akhirnya akan kita temukan jalan keluarnya. Yah, semua yang rasanya tadinya seolah tidak ada jalan, perlahan-lahan kutemukan jalan keluar. Yah, satu per satu bebanku mulai berkurang. Semua yang tadinya terasa begitu berat, akhirnya dilepaskan dariku satu per satu.
Terimakasih Tuhan, aku bisa melewati ini semua dengan baik.
Terimakasih Tuhan, akhirnya aku nanti boleh merayakan Paska dalam damai.
Amin.

No comments: