Saturday, February 7, 2009

NASI BAKAR

Saturday, February 07, 2009

Menu makan siangku hari ini, kemarin, dan 3 hari kemarin – nasi bakar- Hmmmmmmm…………………
Ga tau belakangan ini lagi suka nasi bakar, bosan dengan menu makan yang itu2 aja, akhirnya beralih ke menu lain, dan ternyata….. aku suka. Nasi bakar beli di kantin kantorku. Rasanya lumayan enak. Memang enak…… coz aku doyan. Banged…… malah. Nasi putih disiram saos mixed daging ayam dan ikan teri kecil, diberi sedikit daun kemangi, dibungkus daun pisang, kemudian dibakar. Dimakan anget2 pas lagi laper….. wah dalam 5 menit langsung habis, coz memang porsinya kecil, pas buatku. Ada 2 pilihan rasa, kalau tidak mau yang pedas pakai bumbu kuning (pake kunyit), kalau mau yang pedas pilih yang bumbu merah. Aku sudah mencoba kedua-duanya and I prefer-bumbu merah coz aku suka pedas.
Harganya standarlah untuk ukuran kantin kantorku @Rp.6.500,-

Makan malam 2 hari kemarin, aku juga makan nasi bakar, dipaksa teman kostku bantuin ngabisin makan malamnya. Dia baru dapat 2 kotak nasi bakar gratis, promosi warung makan langganannya yg memperkenalkan menu baru. Dijual per kotak 10 ribu. Tapi aku kurang begitu suka rasanya, bumbunya kurang berasa coz aku memang suka asin.
Dulu sekali, kalau ga salah 3 tahun yg lalu, aku pernah suka banget nasi pepes bakar di Yogya Riau (dulu belum direnov jadi Riau Junction), dijual di area Supermarketnya. Kalau aku tidak salah @Rp.5.500,-. Aku and salah satu temanku sekantor suka banget menu ini. Tiap kali aku ke kantor pusat yang kebetulan berdekatan dengan Yogya Riau ini, aku suka pesan nitip dibeliin makan siang nasi pepes bakar. Bumbunya bener2 kerasa, apalagi ada banyak daun kemanginya. Aku suka banget masakan yang di-mixed dengan daun kemangi, banyak kita jumpai di masakan Manado.

Suatu ketika, untuk variasi, aku usul ke temanku untuk membelikan nasi pepes bakar ini untuk menu makan siang salah satu atasanku. Aku and temanku penasaran, gimana ya komentar atasanku mengenai menu makan siang ini, coz porsinya memang kecil, sepertinya tidak cukup mengenyangkan. Mau makan ga ya? Kalau ga mau nanti dibeliin menu yang lain.
Ketika selesai makan siang, kutanya bagaimana makan siangnya. Atasanku berkomentar ‘nasi sampah’.
He he, emang iya coz jika dibuka bungkusnya memang terlihat seperti nasi sisa yang sudah bercampur-campur antara nasi, sayur dan lauk. Tapi rasanya……. Hmmmmmmm Yummy banget.
Duh….. jangan2 ga dimakan ya.
Karena penasaran, akhirnya kutengok ke meja makan. Ternyata…… ludes……
‘He he…..katanya nasi sampah…… ternyata habis juga!’ kataku ke atasanku.
Setelah itu kita menyebut nasi pepes bakar itu ‘nasi sampah.’ Tapi sayangnya dah beberapa tahun ini ga dijual lagi. Pengin lagi euy….
Sebenarnya kayanya bikinnya gampang sich, cuma rada ribet musti membungkus pakai daun pisang kemudian membakarnya. Pernah terpikir mo nyoba bikin sendiri rame2 ma anak2 kost tapi kok males ya. Enakan beli, ga usah cape2 langsung makan. He he….. Lebih irit waktu dan tenaga.
About nasi bakar, di Bandung katanya ada nasi bakar yang rame bgt di deket Gasibu, jual dari pagi, jam 2 siang suka sudah habis. Harganya belasan ribu. Aku belum pernah nyoba. Nti deh kapan2 nyoba ke sana.
Do you wanna try?????

No comments: