Sunday, January 24, 2010

PENGIN DAPAT KIRIMAN SURAT VIA POS LAGIIIIIIIIIII………………

Monday, January 11, 2010


Sudah lama banget ga terima surat lewat pos lagi. Surat dari om-ku, dari teman2ku ataupun kartu Natal, kartu Lebaran dan kartu Paskah. Pengin dapet lagi………

Rasanya senang banget tiap Pak Pos datang nganter surat, atau tiap dikasih tau oleh Tata Usaha klo dapat surat lewat sekolah. Atau mmmmmm…… kiriman paket dari om-ku yang dulu biasa dikirimkannya ke alamat sekolah, surprised packet…. ^_^

Memang di zaman yang sudah serba canggih ini, era digital, semua serba instant, mengirim surat via pos dirasa ribet n banyak menyita waktu. Tinggal kirim sms, telepon ke HP, pesan bisa langsung diterima penerima tanpa perantara bahkan langsung dengar suaranya.

Rasanya lebih berkesan terima surat via pos. Buru2 menyobek amplop surat pengin segera baca isinya. Tulisan tangan yang penuh kehangatan. Biarpun komunikasi jarang banget, tapi surat2 itu begitu ditunggu-tunggu. Seneng banget rasanya ketika balasan suratku datang. Dan tak ketinggalan perangko menjadi koleksiku waktu itu.

Om-ku yg di Jakarta. Dia yang dulu paling sering menulis surat untukku. Dan yang paling membuatku senang kadang2 surat datang berikut kiriman buku2 cerita. Aku ga akan pernah lupa. Makasih om. Om-ku yang penuh perhatian, semoga Tuhan selalu menjagamu.

Pernah suatu ketika aku n om-ku saling menantang tulis surat pakai aksara Jawa - hanacaraka, datasawala, padhajayanya, magabathanga. Akhirnya kutulis surat yg lumayan panjang ke Om-ku, dgn susah payah pake aksara Jawa. Waktu itu aku masih SMP. Dan surat itu tidak pernah berbalas. Aku ragu, sepertinya surat itu tidak pernah dibaca om-ku. Barangkali dia teramat susah untuk membaca dan mengartikan aksara Jawa, tapi terlalu gengsi untuk mengaku ke keponakannya. Hehehehe…..

Tiap Natal, aku n teman2ku juga adikku selalu berlomba-lomba siapa yang paling banyak dapat kiriman kartu Natal. Kartu Natal yg banyak dgn gambar yang unik, indah ataupun lucu selalu dibawa ke sekolah dipamerkan ke teman2. Apalagi kartu Natal yang didesain indah, bertumpuk-tumpuk, bisa berdiri plus bisa nyanyi, itu sungguh asset berharga yang wajib dipamerkan ke teman2 n pasti bakal bikin ngiri bagi yang melihatnya……… ~_^

Sejak zaman menjadi begitu canggih, budaya kirim kartu ucapan dan kirim surat pun pelan2 menghilang. Dengan menelepon langsung ke HP, kirim message via sms, email ataupun jejaring sosial, dirasa lebih praktis, lebih murah, dan lebih aman. Yah, kadangkala ada sebuah kerinduan. Perjuangan hingga ada sebuah surat di tangan kita itu yang amat kita rindukan. Sebuah proses yang berbelit-belit tapi sarat dengan perhatian dan kepedulian.

Pengin dapet surat lagi………

Maksa siapa ya suruh kirim surat dengan tulisan tangan yang panjang ke aku………

Wish wish wish I wish……

No comments: