Thursday, May 14, 2009

GARUT - LEMBANG - CIATER, DALAM SEHARI




Carmel-Lembang

Tuesday, May 12, 2009

Setelah berdiskusi kilat, akhirnya pk. 14.00 kita memutuskan meninggalkan Garut. Back to Bandung, langsung menuju Carmel. Melewati tol, sepanjang perjalanan, hujan turun. Tadinya terpikir mau langsung ke FO aja. Percuma hujan2 ke Carmel. Ternyata hari itu perjalanan yg terberkati buat kita, mendekati pintu keluar Tol Pasteur, di luar terlihat kering, tidak hujan.
‘Pak, langsung ke Lembang. Kita ke Carmel.’
Tambah Gambar
Pk.16.20 kita sampai di Carmel. Ternyata di sana ada misa Sabtu sore pk.17.45, yg didahului dgn doa Novena. Diajak ikut misa sekalian pada ga mau, coz kita cuma pada pake celana pendek, kecuali Dhex, hanya dia yg bilang ‘siap’ ikut misa. Yah, terbiasa di Yogya-Jawa Tengah ke gereja selalu pakai pakaian formal, jd merasa ga nyaman kut misa pake baju maen, celana pendek lagi. Ya sudah, kut misa besok pagi aja, semoga pada bisa bangun pagi, biar ga banyak waktu terbuang percuma.
‘Pada bisa bangun pagi kan?’
Yang ditanya cuma pada ketawa.


@Carmel

Pk.17.20 kita meninggalkan Lembang. Dah pada lapar. Kita memutuskan mau makan malam di daerah Sersan Bajuri, sekalian lihat view hamparan bunga di sana, semoga masih terlihat. Tiba2 terpikir kenapa ga sekalian ke Ciater, sekalian mandi, toh kita semua dah bawa baju ganti, persiapan berendam air panas di Cipanas-Garut yg batal.
Otre……lanjut ke Ciater.
Memasuki kawasan Ciater, terlihat hamparan kebun teh yang amat luas. Week pengin banget turun untuk foto2. Ya, sejak awal Week n Nick pengin banget berfoto di kebun teh.
‘Besok aja ya! Percuma, ga akan terlihat. Sayang waktunya.’

Akhirnya sampai juga di Sari Ater. Ternyata buka 24 jam, kirain cuma mpe pk.21.00. Lumayan sudah gelap, jdi tidak terlalu ramai. Berendam di kelas VIP waktu Ndra ngukur suhu air menunjukkan 44°C. Ga deh… bisa melepuh. Kita2 kan ga kuat panas. Lagian mahal…… Di kolam renang kemungkinan suhu air sekitar 42°C. Di pancuran bawah aja yang suhunya 41°C aku, Week ma Nick masih ga kuat. Kaki terasa sakit saking panasnya. Mencoba menyesuaikan dgn suhu air tetap aja ga bisa. Akhirnya turun sedikit ke bawah lagi. Suhu 38-40°C, baru deh dengan penyesuaian beberapa menit akhirnya berani berendam di sana.
‘He…. Semakin ke bawah, air semakin kotor lho. Kan sisa2 dari atas. Dah terkontaminasi oleh banyak orang,’ kata salah satu temanku.
‘Biarin…. daripada melepuh,’ kataku. ‘Lagian kuman2nya udah mati kepanasan. Sugesti… sugesti… He he.’
Temanku ‘Riz’ yg di siang hari juga ke Ciater komen di status Fb-ku katanya air di Ciater sekarang keruh, bikin gatel. He he…. Kebeneran kita di sana udah malem, jadi keruh pun ga kelihatan. Bodo amat. Untung juga malam2 dah ga terlalu rame. Jadi ga terlalu jadi tontonan orang, ga kelihatan pula.
Besok lagi klo ke sini lagi mending malam aja ya…..
Lumayan seru, bikin fresh. Kita berendam ditemani susu murni cup rasa coklat dan strawberry yg banyak dijajakan di sana.


Sari Ater

Kita berendam lumayan lama, mpe jari2 tangan dan kaki kerut-merut kaya nenek2.
Pk. 20.30 kita cabut dari sana. Laper………………
‘Malam2 gini enaknya makan di mana ya?’
Kucoba telepon ‘Sapu Lidi’ sepertinya buka mpe pk.23.00, malam minggu pasti masih ramai. Dan benar, buka sampai pk.23.00. Akhirnya kita meluncur ke sana.
Brrrrrrrrrrrr…….. dinginnya. Pada ga tahan kedinginan. Makan di area persawahan malam2 tyt dingin juga ya. Pelayannya aja pada pakai jacket. Sodo yg badannya kurus dah ngeluh kedinginan sejak menginjakkan kaki di sana, bahkan saat di Carmel.
‘Makanya badannya digemukin. Ada gunanya juga kan punya saving lemak. He he.’
Malam itu ramai sekali. Pengin makan di saung yg akses ke sananya pake rakit tp sudah direservasi, begitu pun saung2 yg akses ke sana tanpa rakit. Yah kita salah sih, tadi tidak reservasi dulu.
Pada ga betah berlama-lama di sana. Malam semakin dingin. Tapi biar dingin si Nick ma Ndra tetep aja beli es kenyot. Rasa vanilla ma ketan hitam. Pas aku kut ngicip, tyt enak juga. Akhirnya ikut beli es ketan hitam @Rp.5.000,-
‘Ada yg mau? Buat menyesuaikan suhu tubuh dgn suhu udara. Enak kok!’
Tapi ga ada yg tertarik. Ya sudah…. Dihabisin sendiri ajah.

@Sapu Lidi. Pd kedinginan

Pk.22.45 kita back to Bandung. Berpisah rombongan. Aku, Week ma Nick ke hotel tempat Week menginap, Ndra, Dhex ma Sodo ke rumah kakak Sodo tempat mereka bermalam.
Mpe ketemu besok pagi ya. Awas ya, jgn kesiangan. Kita kut misa pagi di Kathedral pk.07.00. Ya…. pada pengin ngrasain misa di Kathedral.

Kata Sodo,’Yg ke Garut ga banget. Tapi Carmel ma Ciater bolehlah. Sudah terobati sebelnya.’
‘Kan bertahap. Dari yg ga bagus dulu meningkat ke yg bagus. Biar seru. Kalau yg ga bagusnya buat besok nti pulang2 pada ilfil. He he.’
Lumayan seru hari ini. Biar capek tapi kita semua senang.
Brrrrrrrrrrrrrrr…………. Tapi dinginnya kok ga ilang2 ya……

No comments: